Kesehatan Cek Cholesterol: Faedah serta Mekanisme Penerapan yang Perlu Anda Kenali Cek cholesterol tidak perlu dilaksanakan oleh orangtua saja, dan juga orang umur muda. Pola hidup serta skema makan yang kurang sehat mengakibatkan masalah kesehatan karena cholesterol tinggi dapat memberikan ancaman siapa juga tanpa ada mengenal umur.

Tes cholesterol atau disebutkan kontrol profile lipid ialah kontrol klinis berbentuk tes darah untuk menghitung jumlah keseluruhan zat lemak (cholesterol serta trigliserida) dalam darah. Cek cholesterol bermanfaat untuk tentukan apa seorang mempunyai cholesterol tinggi atau mungkin tidak.

Perlu untuk diketahui, kandungan cholesterol yang tinggi bisa tingkatkan efek berlangsungnya penyakit jantung serta stroke. Nah, tes cholesterol ini bermanfaat untuk mengetahui efek itu. Sebab biasanya cholesterol tinggi tidak memunculkan sinyal atau tanda-tanda, kontrol kandungan cholesterol perlu Anda kerjakan dengan teratur.

Berdasar data Kementerian Kesehatan tahun 2014, penyakit jantung koroner adalah pemicu kematian paling tinggi sesudah stroke, yaitu sebesar 12,9%. Pasien penyakit jantung serta stroke banyak diketemukan pada barisan umur 45-74 tahun. Tetapi, penyakit ini dapat juga berlangsung ke orang berumur 15-24 tahun.

Mekanisme Kontrol Cholesterol Cek cholesterol seharusnya dilaksanakan dengan cara periodik, yaitu 5 tahun sekali semenjak umur 20 tahun. Walau begitu, ada kelompok-kelompok orang yang dianjurkan untuk lakukan cek cholesterol seringkali, salah satunya:


Pria berumur 55 tahun ke atas serta wanita berumur 65 tahun ke atas.

Mempunyai keluarga dengan kisah penyakit jantung.

Mempunyai berat tubuh berlebihan atau obesitas.

Mempunyai tekanan darah tinggi atau diabetes.

Merokok, kurang aktif olahraga, atau seringkali konsumsi makanan yang kurang sehat, contohnya makanan banyak mengandung lemak atau gorengan.

Kontrol cholesterol dilaksanakan lewat pemungutan contoh darah, baik dari ujung jemari atau dari pembuluh darah, untuk selanjutnya dicheck di laboratorium klinik atau rumah sakit. Tes ini umumnya cuma memerlukan waktu beberapa waktu.

Dokter akan tentukan apa Anda harus berpuasa atau mungkin tidak sebelum lakukan cek cholesterol, serta akan memberitahukan adakah persiapan lain yang penting dilaksanakan. Lama puasa yang dianjurkan ialah 9-12 jam sebelum tes, serta tes biasanya dilaksanakan saat pagi hari.

Makna Hasil Kontrol Cholesterol Tes cholesterol komplet mencakup pengukuran pada 4 tipe lemak dalam darah, yaitu HDL (cholesterol baik), LDL (cholesterol jahat), trigliserida, serta keseluruhan cholesterol (keseluruhan keseluruhnya dari tipe cholesterol). Hasil kontrol cholesterol yang bagus ialah seperti berikut:

LDL: kurang dari 130 mg/dL (makin rendah banyaknya, makin baik).

HDL: lebih dari pada 60 mg/dL (makin tinggi banyaknya, makin baik).

Cholesterol keseluruhan: kurang dari 200 mg/dL (makin rendah banyaknya, makin baik).

Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL (makin rendah banyaknya, makin baik).

Seorang disebutkan mempunyai cholesterol tinggi jika hasil kontrol cholesterol LDLnya lebih dari pada 190 mg/dL, atau keseluruhan kolesterolnya lebih dari pada 240 mg/dL.

Untuk catatan, semasing laboratorium atau sarana kesehatan dalam tempat kontrol cholesterol dilaksanakan dapat mempunyai sedikit ketidaksamaan nilai tenggang normal hasil kontrol cholesterol.

Panduan Sehat Mengatur Kandungan Cholesterol Kolesterol tinggi yang dikarenakan oleh unsur umur serta turunan memang susah dikontrol. Tetapi jika dikarenakan oleh unsur yang lain, cholesterol tinggi dapat ditangani dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat serta obat dari dokter.

Berikut beberapa panduan sehat untuk jaga supaya kandungan cholesterol Anda konstan:

Mengonsumsi makanan bergizi setimbang Untuk kurangi cholesterol, makanlah beberapa jenis sayuran, buah-buahan, makanan yang memiliki kandungan gandum atau biji-bijian, produk susu rendah lemak, serta makanan sumber protein.

Jauhi makanan yang memiliki kandungan banyak cholesterol, seperti daging, hati, kuning telur, udang, atau produk susu olahan. Awasi pemakaian garam dalam masakan setiap hari.

Mengaplikasikan gaya hidup sehat Upayakan untuk aktif olahraga tiap hari atau minimal semasa 150 menit per minggu. Hentikan rutinitas merokok serta awasi mengonsumsi minuman mengandung alkohol. Perlu Anda kenali, kebanyakan konsumsi minuman mengandung alkohol bisa tingkatkan tekanan darah serta kandungan trigliserida.

Mengonsumsi minuman dan makanan penurun cholesterol Beberapa makanan penurun cholesterol yang dianjurkan untuk dikonsumsi ialah gandum utuh, oatmeal, apel, pir, pisang, serta jeruk. Sayuran, seperti terong serta okra; dan kacang-kacangan, seperti buncis, kacang merah, serta lentil; bagus untuk dikonsumsi.

Disamping itu, Anda dapat juga konsumsi suplemen penurun cholesterol yang rendah lemak dan memiliki kandungan beta glucan serta inulin, berikut penuturannya:

Beta glucan adalah semacam serat yang bermanfaat untuk turunkan kandungan cholesterol. Zat ini banyak diketemukan pada gandum utuh, oatmeal, serta rumput laut.

Inulin ialah tipe serat larut air yang bermanfaat turunkan kandungan trigliserida dalam darah.

Mengonsumsi suplemen sesuai dengan ketentuan serta jumlah yang tercantum pada paket. Bila Anda mempunyai situasi klinis spesifik, pemakaian suplemen makanan atau minuman penurun cholesterol seharusnya ditanyakan terlebih dulu ke dokter.

Cholesterol tinggi bisa dihindari serta ditangani dengan mengaplikasikan gaya hidup serta skema makan yang sehat. Jika memang perlu, makanlah beberapa obat dan suplemen penurun cholesterol, sesuai dengan saran dokter. Disamping itu, janganlah lupa lakukan cek cholesterol dengan cara periodik untuk mengawasi kandungan cholesterol Anda, walau tidak ada tanda-tanda.